Mengungkap Rahasia Kesuksesan Orang Cina

 Mengungkap Rahasia Kesuksesan Orang Cina
 Mengungkap Rahasia Kesuksesan Orang Cina
Tidak dipungkiri lagi bahwa toko-toko atau perusahaan yang maju ternyata banyak di miliki oleh orang Cina. Mulai dealer otomotif, toko elektronik, spare part kendaraan bermotor, toko bahan bangunan, toko kain, toko roti, toko sepeda, toko obat dan lain sebagainya di dominasi oleh orang Cina.

Kenapa mereka begitu sukses dalam berusaha, padahal mereka tidak membawa apa-apa dari negerinya, dan mengapa orang pribumi pada umumnya tidak sesukses mereka. Bahkan banyak sekali orang pribumi menjual tanah hanya untuk menyambung hidup dan orang Cina membelinya untuk meningkatkan usahanya.

Ketika orang pribumi menjual tanah warisannya, mereka mendadak menjadi orang kaya. Mereka membangun rumah mewah, membeli mobil serta banyak barang-barang konsumtif lainnya. Namun setelah beberapa tahun, kehidupan mereka kembali seperti semula. Rumah mulai rusak tidak ada dana untuk memperbaiki, mobil terpaksa dijual, kembali nyari kerja untuk memenuhi kebutuhan  hidup keluarganya.

Hal ini sangat berbeda dengan kehidupan orang Cina. Mereka tidak membawa apa-apa dari negerinya, namun akhirnya mereka mampu membangun toko, membeli tanah, dan usahanya terus kembang dengan sukses. Apa yang membedakan antara orang pribumi dengan orang Cina ? Ternyata jawabannya adalah terletak pada mindset. Ya mindset atau pola pikir orang Cina berbeda dengan kita.

Mindset  Kunci Sukses Orang Cina

Inilah kunci keberhasilan mereka. Dengan memiliki mindset yang berbeda, menghasilkan tindakan yang berbeda, dan pada akhirnya hasilnya pun akan berbeda. Hal inilah yang harus dipelajari jika kita ingin sukses seperti mereka.

Ada beberapa pola pikir orang Cina yang diajarkan kepada generasi penerusnya selama bertahun-tahun, yang merupakan cikal bakal kesuksesannya sekarang. Sebenarnya kunci sukses ini mereka rahasiakan, hanya diajarkan kepada generasi penerusnya.

Tidak Kerja Artinya Tidak Makan

Hidup dalam perantauan di negeri orang, membentuk pribadi orang Cina menjadi tahan banting, artinya mereka sanggup bekerja keras, ulet, selalu berusaha dan tidak takut gagal. Bermodal dari nol, membuat tekad mereka menjadi kuat untuk bertahan hidup dan mengubah kehidupannya agar semakin sukses. Keinginan untuk selalu membahagiakan orang tua dan keluarganya menjadikan mereka bekerja lebih giat lagi.

Orang pribumi bekerja selama 8 jam saja sudah mengeluh, tapi orang Cina bisa bekerja selama 18 jam sehari, dan berdagang merupakan cara yang terbaik untuk menjadi kaya raya. Mungkin awalnya mereka menjadi karyawan dulu, namun sebenarnya tujuannya adalah mempelajari sistimnya, dan setelah pengalamannya dirasa cukup, mereka akan membuka usaha sendiri.

Uang Yang Didapat Digunakan Untuk Menghasilkan Uang Lebih Banyak Lagi

Perbedaan dengan orang pribumi yang selalu membeli barang konsutif, orang Cina begitu mendapatkan uang, mereka akan berpikir, bagaimana caranya agar uang ini bertabah lebih banyak lagi. Hanya 20% uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bukan memenuhi keinginannya, 20% lagi ditabung untuk masa depannya, sisanya 60% digunakan untuk menambah usaha.

Beda halnya dengan kita orang pribumi, begitu mendapat uang, kita gunakan untuk foya-foya, baru pertengahan bulan uang sudah habis, tidak ada tabungan apalagi menambah usaha, seringkali uang yang didapat hanya digunakan membayar bunga kredit / cicilan.

Begitu Melihat Peluang Langsung Diambil

Mereka orang Cina pandai sekali melihat peluang. Begitu melihat peluang, langsung mereka ambil. Prinsipnya siapa cepat dia dapat, tidak banyak perhitungan, karena mereka tidak takut gagal. Jika mereka gagal, kegagalan tersebut digunakan sebagai batu loncatan untuk bangkit lagi. Karena dari kegagalan tersebut mereka belajar untuk memperbaiki diri, dan menemukan solusi lebih baik lagi menuju kesuksesan mereka.

Beda dengan kita yang selalu banyak perhitungan, karena kita takut duluan, takut jika usaha kita mengalami kegagalan. Karena takut akan kegagalan membuat usaha yang direncakan tidak pernah dijalankan.

Berawal dari keinginan yang kuat untuk mengubah nasib, segera bertindak, tidak takut gagal, selalu bekerja keras, sabar dan tekun, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengungkap Rahasia Kesuksesan Orang Cina"

Posting Komentar