Peluang Bisnis Belut Ternak

Peluang Bisnis Belut Ternak
Peluang Bisnis Belut Ternak
Belut merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang umumnya hidup di sawah. Belut banyak diburu oleh masyarakat pedesaan sebagai hidangan  untuk dikonsumsi keluarga. Di samping rasanya yang lezat, belut juga merupakan sumber protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh.  Di Indonesia sendiri belut sudah lama dikenal, di sawah belut dikenal sebagai hama tanaman padi, begitu juga di tambak sebagai hama karena memakan bibit ikan atau udang yang di budidayakan petani.

belut ternakTetapi seiring waktu permintaan belut untuk konsumsi semakin meningkat , dan  sejak tahun 1979 belut mulai di budidayakan menjadi belut ternak dalam jumlah yang banyak hingga sekarang sebagai salah satu komoditi ekspor ke luar negeri.

Belut sebenarnya terdiri dari tiga jenis yaitu belut rawa ( Synbranchus bengalensis Mc clell ) , belut laut ( Macrotema caligans Cant ) dan belut sawah ( Monopterus albus Zuieuw ). Namun yang sering di budidayakan adalah belut sawah.

Tempat Hidup Belut

Secara geografis dan klimatologis, belut tidak membutuhkan kondisi iklim dan lokasi spesifik untuk hidup. Belut dapat hidup dengan baik pada dataran rendah sampai dataran tinggi dengan temperatur 25 – 31 derajat celsius.  Kelembaban udara serta curah hujan juga tidak begitu spesifik. Namun yang terpenting adalah kondisi air yang bersih ( terutama untuk bibit yang masih kecil ) air kaya akan kandungan oksigen, tidak tercemar limbah maupun zat kimia beracun.

Di alam maupun di kolam buatan belut ternak mudah sekali dikembangbiakkan asalkan kondisi kolam buatan sesuai dengan kondisi habitat aslinya. Karena memelihara belut sangat mudah sehingga memungkinkan kita untuk mengembangkannya.

Kandungan Gizi Belut

Belut ternak sangat digemari sebagai bahan konsumsi karena disamping rasa dagingnya yang lezat, kandungan protein yang tinggi hampir setara dengan protein daging sapi, juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, C, zat besi, kalsium dan fosfor,  sangat baik bagi kesehatan.

Permintaan pasar  terhadap belut ternak sangat tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Namun ketersediaan belut di alam semakin berkurang karena pemakaian pestisida yang tidak terkontrol, sehingga kondisi ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Budidaya  Belut

Permintaan belut ternak di pasaran  semakin meningkat  namun tidak sesuai dengan ketersediaan belut di alam yang semakin berkurang akibat penggunaan pestisida yang tidak terkontrol, kondisi ini  memunculkan peluang bisnis untuk mengembangkannya. Cara pembudidayaan belut ternak sebenarnya cukup sederhana, tidak memerlukan biaya yang mahal,  tidak membutuhkan lahan yang banyak, cukup kolam dari terpal, seng, drum, atau kolam permanen.

Bibit belut bisa langsung di dapatkan dari sawah dengan cara memasang bubu, bisa juga membeli langsung di agen. Dengan pemilihan bibit yang baik serta pembuatan media yang mirip aslinya, dalam waktu 1 tahun belut sudah bisa dua kali dipanen untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Belut jarang terserang penyakit, namun yang perlu diperhatikan adalah menjaga belut peliharaan kita agar tidak dimakan oleh predator seperti katak, ular, burung, kucing, jaga media agar tidak kekeringan.

Peluang Bisnis Belut Ternak

Permintaan belut ternak di pasaran yang terus meningkat baik dalam maupun luar negeri merupakan peluang tersendiri bagi peternak belut, mulai dari pembibitan hingga pembesaran.  Peluang ekspor belut ternak bisa sampai negara Jepang, Hongkong, Cina, Malaysia, Taiwan, Korea, hingga Singapura karena di negara-negara tersebut daging belut diyakini mampu meningkatkan stamina tubuh. Sekarang permintaan belut dari Indonesia juga merambah ke negara-negara Amerika Serikat, Australia sampai ke negara-negara Eropa. Di negara-negara tersebut belut hanya dijumpai di restoran-restoran mewah dan hotel berbintang. Belut yang diekspor adalah dalam bentuk belut segar ( fresh eels ), belut beku ( frozen eels )  dan belut asap ( smoked eels ).

Kini dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, hasil daging belut bisa di olah menjadi  camilan keripik belut yang sangat diminati konsumen. Tentu hal ini merupakan suatu peluang usaha baru.

Ada beberapa hasil olahan daging belut yang bisa menginspirasi Anda untuk membuka peluang usaha baru yaitu : abon belut, dendeng belut, keripik belut, rumah makan dengan menu beraneka masakan belut dimana konsumen bisa langsung memancing atau menangkap belut pesanannya  di kolam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Bisnis Belut Ternak"

Posting Komentar